Rabu, 03 April 2013

PARA PELAKU EKONOMI


PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Banyak faktor pendorong yang membuat kegiatan ekonomi ini mengalami banyak sekali pergeseran didunia ini. Kemajuan zaman, akses internet, kebutuhan yang semakin tinggi, membuat manusia sebagai pelaku ekonomi menjadi lebih kreatif dalam menata kehidupan perekonomiannya. Demikian juga halnya dengan cara memenuhi kebutuhannya. Semua hal tersebut bisa member pengaruh terhadap perputaran roda perekonomian.

1.2  Tujuan
Pemahaman dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, tak jauh dari peranan para pelaku ekonomi yang bertujuan untuk:
a.       Memahami pembangunan ekonomi dalam sektor pemerintah
b.      Memahami pembangunan ekonomi dalam sektor swasta
c.       Memahami pembangunan ekonomi dalam sektor koperasi
d.      Memahami peranan BUMN dalam sistem perekonomian di Indonesia

PEMBAHASAN
2.1  Pembangunan Ekonomi Dalam Sektor Pemerintah, Swasta dan Koperasi

A.    Peran pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi berarti pemerintah melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi.
1.      Kegiatan produksi
Pemerintah dalam menjalankan perannya sebagai pelaku ekonomi, mendirikan perusahaan negara atau sering dikenal dengan sebutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sesuai dengan UU No. 19 Tahun 2003, BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN dapat berbentuk Perjan (Perusahaan Jawatan), Perum (Perusahaan Umum), dan Persero (Perusahaan Perseroan). BUMN memberikan kontribusi yang positif untuk perekonomian Indonesia.
2.      Kegiatan konsumsi
Seperti halnya yang telah kalian pelajari pada bab 8 mengenai pelaku-pelaku ekonomi, pemerintah juga berperan sebagai pelaku konsumsi. Pemerintah juga membutuhkan barang dan jasa untuk menjalankan tugasnya. Seperti halnya ketika menjalankan tugasnya dalam rangka melayani masyarakat, yaitu mengadakan pembangunan gedung-gedung sekolah, rumah sakit, atau jalan raya.

3.      Kegiatan distribusi
Selain kegiatan konsumsi dan produksi, pemerintah juga melakukan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah dalam rangka menyalurkan barang-barang yang telah diproduksi oleh perusahaanperusahaan negara kepada masyarakat. Misalnya pemerintah menyalurkan sembilan bahan pokok kepada masyarakat-masyarakat miskin melalui BULOG.

B.     Swasta (BUMS)
BUMS adalah salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia. BUMS merupakan badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan BUMS adalah untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. BUMS didirikan dalam rangka ikut mengelola sumber daya alam Indonesia, namun dalam pelaksanaannya tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah dan UUD 1945. BUMS dalam melakukan perannya mengandalkan kekuatan pemilikan modal. Perkembangan usaha BUMS terus didorong pemerintah dengan berbagai kebijaksanaan.

C.     Koperasi
Badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hokum koperasi denga melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

KESIMPULAN
Setiap negara mempunyai permasalahan ekonomi dan setiap negara mempunyai cara tersendiri dalam mengatasinya. Ada negara yang dengan tegas menentukan bahwa pemerintah yang harus mengatasi setiap masalah ekonomi, dan pemerintahlah pula yang mengatur semua kegiatan ekonomi.
Sebaliknya ada negara yang berpendapat bahwa dalam mengatasi setiap masalah ekonomi dan mengatur semua kegiatan ekonomi diserahkan pada pihak swasta. Selain itu ada juga negara yang mencari jalan tengah antara keduanya. Bagaimana setiap negara menjawab permasalahan-permasalahan ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang dianutnya. Dalam rangka menjalankan sistem ekonominya, negara akan membutuhkan pelaku-pelaku ekonomi.

DAFTAR PUSTAKA
1.      hafidz. 2012 Para Pelaku Ekonomi dalam http://hafidzdotorg.wordpress.com/2012/03/31/para-pelaku-ekonomi/ diunduh pada kamis, 04 April 2013 jam 9.48
2.      Aneahira. Pelaku Ekonomi dalam http://www.anneahira.com/pelaku-ekonomi.htm diunduh pada Kamis 04 April 2013 jam 9.57
3.      Steven Dermawan. 2012 Sistem Perekonomian Indonesia dan Para Pelaku Ekonomi http://stevendarmawan.blogspot.com/2012/04/sistem-perekonomian-indonesia-dan-para.html pada Kamis 04 April 2013 jam 10.10

Tidak ada komentar: