PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Sumber daya manusia atau
biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung
dalam diri manusia
untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang
adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh
potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan
dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis
sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang
membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi,
para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari
dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi
sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam
industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya
sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan
terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa
modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah
istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di
sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai
dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi)
dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif
SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.
1.2
Tujuan
Tujuannya untuk:
1.
Mengetahui
laju pertumbuhan penduduk
2.
Untuk
mengetahui penyebaran penduduk Republik Indonesia
3.
Untuk
mengetahui angkatan kerja di Indonesia
PEMBAHASAN
2.1
Laju
Pertumbuhan Penduduk
Badan Kependudukan dan Keluarga
Berencana Nasional (BKKBN) menyampaikan kalau tahun ini penduduk Indonesia
diperkirakan akan mencapai 250 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk 1,49% per
tahun.
Tahun 2013 diperkirakan penduduk
Indonesia capai 250 juta, situasi kependudukan Indonesia dipengaruhi oleh tiga
faktor, yaitu Kuantitas, Kualitas dan Dinamika.
Struktur ini dipengaruhi oleh Triple Burden, yaitu jumlah usia sekolah
dan balita sebesar 28,87%, angkatan kerja 63,54%, dan lansia (lanjut usia)
mencapai 7,59%.
Penyebaran penduduk Indonesia masih
menggunakan data sensus tahun 2010, masih konsen di pulau Jawa. Walaupun otonomi
sudah dilakukan selama 10 tahun sejak tahun 2000 hingga 2010, hanya sekitar 2%
orang Jawa yang pergi keluar pulau lain seperti Papua dan Sumatera, Sementara
itu, faktor lainnya selain kuantitas adalah kualitas yang mencakup kesehatan,
pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.
2.2
Penyebaran
Penduduk
Penyebaran
penduduk menurut pulau-pulau besar adalah: pulau Sumatera yang luasnya 25,2
persen dari luas seluruh wilayah Indonesia dihuni oleh 21,3 persen penduduk,
Jawa yang luasnya 6,8 persen dihuni oleh 57,5 persen penduduk, Kalimantan yang
luasnya 28,5 persen dihuni oleh 5,8 persen penduduk, Sulawesi yang luasnya 9,9
persen dihuni oleh 7,3 persen penduduk, Maluku yang luasnya 4,1 persen dihuni
oleh 1,1 persen penduduk, dan Papua yang luasnya 21,8 persen dihuni oleh 1,5
persen penduduk.
2.3
Angkatan
Kerja
Angkatan kerja adalah penduduk usia
produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi
sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
Jumlah angkatan kerja di Indonesia pada
Februari 2012 mencapai 120,4 juta orang, bertambah sekitar 3,05 juta orang
dibanding angkatan kerja Agustus 2011 sebesar 117,4 juta orang atau bertambah
sekitar 1,01 Juta orang dibanding Februari 2011 sebesar 119,4 juta orang.
Jumlah penganggur pada Februari 2012
sebesar 46.226 orang, berkurang sebesar 14.275 orang dibanding
Agustus 2011 dan 11.656 orang dibanding keadaan Februari 2011.
Enam bulan terakhir (Agustus 2011 sd
Februari 2012), jumlah pekerja di sektor pertanian, perdagangan, dan jasa
kemasyarakatan mengalami kenaikan, sedangkan jumlah pekerja di sektor industri
dan lainnya mengalami penurunan.
2.4
Sistem
Pendidikan
Pendidikan
di Indonesia adalah seluruh pendidikan
yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak
terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab
Kementerian
Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kemdiknas), dahulu bernama
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Depdikbud). Di Indonesia,
semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar
pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di
Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Pendidikan
di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan
informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini,
dasar, menengah, dan tinggi.
KESIMPULAN
Dari sekian banyak sumber daya manusia di Indonesia,
sebagai dasar dari hal tersebut adalah sistem pendidikan di Indonesia itu
sendiri, serta penyebaran penduduk untuk pemerataan tenaga kerja di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Wikipedia.
2013 Sumber Daya Manusia dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia
diunduh pada14 Mei 2013 jam 8.46
2. Liputan 6.com. 2013 BKKBN: Tahun Ini Penduduk Indonesia Capai 250 Juta Jiwa dalam http://health.liputan6.com/read/521272/bkkbn-tahun-ini-penduduk-indonesia-capai-250-juta-jiwa diunduh pada 14 Mei 2013 jam 8.50
3. Badan Pusat Statistik. 2013 Jumlah Dan Distribusi Penduduk dalam http://sp2010.bps.go.id/ diunduh pada 14 Mei 2013 jam 8.53
4.
Wikipedia.
2013 Tenaga Kerja dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_kerja
diunduh pada 14 Mei 2013 jam 8.55
5.
Badan
Pusat Statistik papua. 2012 Jumlah Angkatan kerja di Indonesia pada Februari
2012 dalam http://papua.bps.go.id/yii/9400/index.php/post/91/Jumlah+angkatan+kerja+di+Indonesia+pada+Februari+2012+mencapai+120,4+juta+orang
diunduh pada 14 Mei 2013 jam 8.57
6.
Wikipedia.
2013 Pendidikan di Indonesia dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia
diunduh pada 14 Mei 2013 jam 8.59
Tidak ada komentar:
Posting Komentar